Asuransi TKI Berorientasi Uang Premi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat, Senin (15/8/2011) di Jakarta menilai, perusahaan asuransi TKI hanya berorientasi pada uang premi sehingga sering mengabaikan hak TKI untuk mendapatkan klaimnya.

"Itu sebabnya, saya minta perusahaan asuransi Tenaga Kerja Indonesia khususnya yang tergabung dalam Konsorsium Asuransi Proteksi, untuk memudahkan pembayaran klaim bagi TKI bermasalah maupun TKI yang mengalami risiko fisik dan bahkan kematian akibat pekerjaannya di luar negeri," ujarnya.

Selama ini, menurut Jumhur, BNP2TKI banyak menerima pengaduan TKI dan keluarganya setelah kesulitan memproses uang klaim melalui perusahaan asuransi TKI, yang ternyata tidak mendapat perhatian serius baik saat proses pengajuan atau berupa tindak lanjut pembayaran klaimnya.

Padahal, menurut Jumhur, perusahaan asuransi TKI justru diuntungkan oleh banyaknya TKI yang akan bekerja ke luar negeri dengan membayar uang premi asuransi secara benar dan tertib, tanpa sedikit pun menimbulkan kesulitan apalagi memperlambat pembayarannya.

"Jadi, perusahaan asuransi TKI memang lebih berorientasi premi, bukan pada pembayaran klaim untuk memudahkan TKI," jelas Jumhur. 



View the original article here



Peliculas Online

No comments:

Post a Comment