Harga Beli Beras Bulog Dinaikkan

KOMPAS/RIZA FATHONI Ilustrasi: Pekerja mengaduk beras di salah satu kios di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Juli 2010.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Perum Bulog kembali menaikkan harga beli beras. Dengan harga beli yang baru ini, harga beli beras Bulog sekarang Rp 1.000 di atas harga pembelian pemerintah (HPP).

Direktur Utama Perum Bulog, Sutarto Alimoeso, saat dihubungi di Solo, Jawa Tengah, Senin (15/8/2011), mengatakan, harga beli beras Bulog saat ini Rp 6.000 per kilogram (kg) untuk pembelian beras di Jawa dan Rp 6.100 per kg untuk di luar Jawa.

Perbedaan harga pembelian Rp 100 per kg semata-mata mempertimbangkan biaya transportasi. Dengan menaikkan harga beli beras, diharapkan para spekulan tertarik untuk menjual beras ke Bulog.

Harga beli yang ada sekarang, sudah memberikan keuntungan yang lebih bagus bagi pihak yang menjual beras ke Bulog.

Sutarto sendiri meyakini kesulitan Bulog menyerap gabah dan beras dari produksi dalam negeri, lebih karena masalah keterbatasan produksi. Karena produksi terbatas, harga naik dan Bulog sulit mendapatkan beras.

Untuk memberikan kepastian, perlu ada perhitungan data produksi yang lebih akurat, dengan tidak mengandalkan perhitungan luas panen padi menggunakan metode pandangan mata.



View the original article here



Peliculas Online

No comments:

Post a Comment