PLTMG Merah Mata Mulai Beroperasi

Pekerja memasang instalasi jaringan listrik baru di Kecamatan Betung, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (11/8/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sistem kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) akan makin handal dan bertambah daya. Hal ini seiring dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mini Gas (PLTMG) Merah Mata berkapasitas 35 Mega Watt.

Menurut Direktur Operasi PLN Indonesia Barat Harry Jaya Pahlawan, PLTMG Merah Mata yang berlokasi di dusun Borang Desa, Merah Mata, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, itu merupakan salah satu pembangkit listrik sewa yang kontraknya telah ditandatangani pada bulan Juni 2011 antara PLN dengan konsorsium PT Navigat Energy.

Deputi Manajer PLN pembangkitan Sumbagsel Slamet Zarkasyi menjelaskan, PLTMG Merah Mata merupakan gas engine type mobile dengan total kapasitas 35 MW. Pembangkit ini terdiri dari 9 unit masing-masing berkapasitas 3,3 MW dan 2 unit berkapasitas 2,7 MW. Pengoperasian PLTMG ini menggunakan bahan bakar gas.

Total produksi energi yang akan dihasilkan dari PLTMG ini adalah 151,2 GWh, dengan kebutuhan gas 6,8 BBTU per hari dengan mengoptimalkan gas make up borang sebesar 11.563 BBTU.

"Selain untuk lebih memperkuat sistim kelistrikan di wilayah Sumbagsel, juga diharapkan mampu menambah kemampuan pasokan daya secara lebih efisien dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak," tutur Harry, Sabtu (20/8/2011).

Dengan beroperasinya PLTMG Merah Mata ini, diperkirakan PLN dapat melakukan penghematan Rp 52,6 miliar. PLN akan lebih meningkatkan penggunaan gas untuk pembangkit-pembangkit peaker atau pembangkit pemikul beban puncak.

PLN dalam waktu dekat akan membangun pembangkit peaker di Sei Gelam Jambi dengan kapasitas 90 MW yang memanfaatkan teknolgi CNG (Compressed Natural Gas).



View the original article here



Peliculas Online

No comments:

Post a Comment