Gadai Emas Makin Diminati

JAKARTA, KOMPAS.com - Minat nasabah untuk mengakses produk Gadai Emas iB CIMB Niaga Syariah terus meningkat. Hal itu ditunjukkan meningkatnya nilai pembiayaan dan rekening Gadai Emas iB.

Dengan perhitungan tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu (year on year -YOY). Pembiayaan gadai meningkat 320 persen dari Rp 4,13 miliar per Juni 2010 menjadi Rp17,31 miliar per Juni 2011.

Adapun dengan perhitungan hingga tahun ini (year to date-YTD), pembiayaan gadai per Juni 2011 meningkat 128 persen dari Rp7,59 miliar per Desember 2010. Adapun jumlah rekening pembiayaan gadai meningkat 205 persen dari 459 akun per Juni 2010 menjadi 1.398 akun per Juni 2011.

Per Juni ini, jumlah akun gadai meningkat 57 persen dari 891 akun per Desember 2010. 'Atas pertumbuhan positif ini, kami berterima kasih kepada nasabah yang terus setia menggunakan produk dan jasa CIMB Niaga termasuk gadai,' kata Presidir CIMB Niaga Arwin Rasyid di Jakarta, Senin (15/8/2011).

Produk Gadai Emas iB CIMB Niaga Syariah merupakan produk pembiayaan dimana nasabah menitipkan emas berbentuk perhiasan atau logam mulia/koin sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan dengan jangka waktu tertentu.

Pembiayaan ini menggunakan akad rahn (gadai) dan Qardh (pinjaman) sebagai basis pembiayaan, sedangkan akad ijarah (sewa) digunakan sebagai basis pendapatan bank dimana bank menarik biaya atas pemeliharaan jaminan yang digadaikan nasabah. Jaminan gadai dapat berupa perhiasan emas minimal 16 karat, logam mulia, koin emas, dan batangan emas.

Lebih lanjut Arwin menjelaskan, terdapat berbagai keunggulan lain yang dapat dinikmati nasabah dengan mengakses produk Gadai Emas iB CIMB Niaga Syariah. Salah satunya adalah nasabah memperoleh fasilitas bebas biaya asuransi.

Selain itu, bila pelunasan dilakukan sebelum jatuh tempo atau dipercepat, nasabah tidak dikenakan pinalti. 'Bagi nasabah dengan pembiayaan gadai emas minimal Rp10 juta juga tidak akan dikenakan biaya administrasi,' katanya.

Belakangan harga emas kian meningkat karena ketidakpastian di pasar saham. Banyak investor yang mengalihkan dananya berinvestasi emas untuk menjaga agar nilai aset jenis lainnya tidak tergerus.

Hari ini harga emas di pasar Hongkong ditutup pada 1.744 dollar AS per troy ounce turun dari penutupan Jumat yang sebesar 1.759 dollar AS per troy ounce. Harga emas dunia sempat melonjak hingga di atas 1.800 dollar AS per troy ounce pekan lalu. 



View the original article here



Peliculas Online

No comments:

Post a Comment